Cara Membuat Kursi Hammock, Si Tempat Duduk yang Buat Ruanganmu Kelihatan Cozy

membuat kursi hammock











Duduk santai sendiri sambil berayun-ayun kecil di atas kursi hammock memang asyik. Nggak cuma asyik buat duduk, keberadaan kursi ini juga bikin ruanganmu jadi terkesan cozy. That’s why, artikel kali ini bahas tentang tutorial membuat kursi hammock. Mari dekor!



membuat kursi hammockBahan:
-kayu dowel (pilih jenis kayu yang kuat)
-tali polipropilena (atau tali lain yang lebih kuat)
-2 meter kain kanvas polos
-80mm spring snap link (kekuatan beban hingga 100kg)
-3/16 "quick link (kekuatan beban hingga 300kg)
-cantolan
-cat akrilik
-kardus

Bahan-bahan di atas bisa diganti sesuai dengan ukuran beban. 

Alat:
-bor kecil
-mesin jahit
-setrika
-gunting besar
-penggaris
-korek api




membuat kursi hammock


Langkah Pertama: Lipat dua meter kanvasmu menjadi dua bagian.  Bentangkan di tempat rata dengan lipatan di sebelah kiri, seperti pada gambar. Ukur sekitar 18cm dari tepi kanan atas dan tandai. Ambil garis dari tanda teratas ke sudut kanan bawah, dan potonglah kedua potongannya. Buka kanvasmu

Langkah Dua: Lipat tepi atas 2cm ke bawah dan setrika rata. Kemudian lipat lagi 2cm dan setrika rata. Jepit dan jahitkan bagian bawah lipatan, seperti pada gambar. Lakukan hal yang sama pada tepi bawah.



membuat kursi hammock

Langkah Tiga: Balikkan kanvas 90 derajat ke kiri sehingga tepi terpanjang berada di kanan. Kamu akan membuat jalur masuk tali. Lipat setiap sudut kira-kira 4cm dan setrika rata. Kemudian lipat tepi atas keliman 2cm dan setrika datar.

Langkah Empat: Lipat lagi 4cm dan setrika rata.

Langkah Kelima: Jahit dua garis di sepanjang tepi lipatan bawah. Perkuat bagian awal dan akhir dengan jahitan belakang. Ulangi pada sisi lain.

Langkah Enam: Buat tanda pada 5cm dan 10cm dari kedua ujung kayu, lalu bor pada tanda tersebut. 


membuat kursi hammock

Langkah Tujuh: Letakkan kanvas pada selembar kardus besar, lalu cat desainmu di satu sisi saja. Biarkan kering, lalu cat lagi desainmu di sisi lain (opsional).

Langkah Delapan: Ikatkan simpul di salah satu ujung tali. Lelehkan ujungnya agar lebih rapi. Masukkan tali pada lubang dowel paling ujung, lanjut ke jalur tali pada kanvas, kemudian buat simpul seperti pada gambar dan masukkan tali ke lubang dowel ke dua. Lanjutkan tali ke lubang dowel ketiga, lalu buat simpul di bawahnya, lanjut ke jalur tali pada kanvas, masukkan ke lubang dowel terakhir dan buat simpul. Lelehkan juga ujungnya agar lebih rapi.



membuat kursi hammock

Langkah Sembilan: Temukan bagian tengah tali di atas dowel, dan buat simpul dengan jarak sekitar 20-25cm  dari titik tengah. cantelkan pada spring snap link, dan kemudian pada quick link, dan akhirnya gantungkan di cantelan dengan aman ke balok langit-langit atau cabang pohon besar. 



membuat kursi hammock

Kamu juga bisa menambahkan bantal duduk kecil.

Tara… kursi hammockmu sudah jadi.

Artikel ini merupakan saduran. Untuk melihat artikel asli, silakan klik di sini










Comments