7 Tips Menata Meja Belajar untuk Meningkatkan Produktivitasmu

Meja belajar adalah tempat dimana kamu seharusnya bisa berkonsentrasi penuh untuk menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan lainnya. Tapi keadaan meja yang berantakan bisa mengurangi produktivitasmu. Nah, kalau kamu capek dengan mejamu yang mirip kapal pecah, contek 8 tips berikut dan buat mejamu lebih rapi hari ini! Mari dekor!




1. Jadikan Clipboard sebagai Wall Art

tips menata meja belajar

Buat yang punya segudang clipboard dan bingung mau naruh dimana, kamu bisa gantungkan ke dinding di atas mejamu. Kamu juga bisa tambahkan kata-kata inspiratif. Jangan lupa buat semenarik mungkin, biar hari-harimu makin positif.


2. Letakkan Plastik Bersekat di dalam Lacimu


tips menata meja belajar

Laci berantakan pastinya sudah jadi rahasia umum, ya nggak guys? Nah, biar kamu nggak perlu mengaduk-aduk laci setiap saat, kotak plastik bersekat bisa kamu letakkan di laci untuk menata barang-barang milikmu. Kalau rapi gini jadi lebih mudah kan! 

3. Simpan Benda-benda Kecil kedalam Satu Wadah Bersekat 

tips menata meja belajar

Kotak plastik bersekat juga bisa kamu pakai untuk menyimpan benda-benda kecil yang gampang tercecer, seperti pin gabus, peniti, karet, penjepit kertas, dan sebagainya.


4. Gunakan Wadah Transparan

tips menata meja belajar

Gunakan wadah-wadah transparan untuk menyimpan barang-barangmu. Boleh dari material kaca, fiber, ataupun plastic. Kalau barang-barangnya keliahatan dari luar gini, jelas makin mudah ditemukan.


5. Manfaatkan stoples Bekas





Punya banyak stoples bekas yang nggak terpakai? Manfaatkan aja sebagai tempat pensil atau pulpen! Nah, biar tetap punya nilai estetis, selimuti sebagian permukaan stoples dengan kertas kado, lalu tambahkan tali dengan simpul pita di leher. Bisa juga ditambahkan label yang kamu buat sendiri.


tips menata meja belajar

Ada alternatif lain buat kamu yang agak alergi dengan hal-hal kelewat mainstream. Kamu bisa membuat organizer unik dengan cara merekatkan beberapa stoples dengan lem kemudian posisikan secara horizontal.


6. Manfaatkan Map dengan Baik

tips menata meja belajar

Jangan sampai kertas-kertas berharga tercecer sembarangan! Apalagi sampai hilang, bisa gawat! Selalu tata berkas-berkasmu ke dalam map-map yang sudah kamu beri label.


7. Jodohkan Binder Clip dengan Kabel

tips menata meja belajar

Terakhir, Katakan selamat tinggal pada jalinan kabel membingungkan! Jepit binder clip pada tepi meja, dan gunakan gagangnya sebagai jalur masuk kabel.

Gimana? Mudah kan? Dengan begini, meja belajarmu jadi lebih enak dilihat. Waktu berhargamu juga nggak akan terbuang percuma hanya demi menemukan selotip yang entah nyelip dimana.

Artikel ini adalah saduran. Untuk melihat artikel asli, silakan klik di sini

Comments