7 Skema Warna Ruang Keluarga yang Bisa Jadikan Ruanganmu Seperti Didesain oleh Profesional

Jika kamu ingin ruang keluarga seperti di majalah-majalah dekorasi, Kamu perlu memulainya dengan skema warna yang baik. Skema warna bukan cuma perkara warna dinding. Kamu juga harus melihat keseimbangan keseluruhan space. Perhatikan baik-baik bagaimana warna furniture, lantai, dinding, dan karya seni saling melengkapi.

Takut bereksperimen dengan warna memang sudah jadi hal umum. Wajar kok, kan sayang juga udah keluar uang banyak tapi ruangan tetap absurd. Pada akhirnya buat cari aman, banyak orang cenderung memilih skema warna netral yang justru membuat ruangan jadi kerasa boring. Tapi jauh lebih mending si, daripada terlalu berani pilih skema warna yang akhirnya justru membuat orang lain merasa nggak nyaman dengan ruang keluargamu.

Di artikel kali ini ada 7 skema warna yang bisa diterapkan untuk ruang keluarga. Di sini kamu akan langsung tahu bagaimana menggabungkan beberapa warna utama agar menjadi harmoni. Entah dengan konsep tempat yang tenang untuk bersantai, atau bisa juga dengan konsep sesuatu yang menyenangkan dan memberi energi positif. Di sini kamu pasti akan menemukan beberapa ide yang pas banget buatmu. Mari Dekor!

1. Cantik dengan warna pink

skema warna dekorasi ruang keluarga

Terlalu banyak menggunakan warna pink pastel membuat ruanganmu jadi mirip rumah wanita tua. Untuk menghilangkan kesan itu, gunakan pink light disamping abu-abu-cool. Paduan ini akan bikin ruangan kerasa lebih canggih. Abu-abu yang lebih gelap pada bantal juga memberikan kontras visual yang bagus. Dengan begini warna-warna lain nggak kelihatan pudar.

2. Warna biru laut yang tenang

skema warna dekorasi ruang keluarga

Kalau kamu ingin sesuatu yang bagus, ruangan menenangkan, gunakan warna cerah seperti berikut ini. Ketika semuanya pastel, cat bingkai pada plafon dengan corak yang agak berbeda agar mata selalu terkesan. Biru halus ditemukan di seluruh ruangan dalam detail-detail kecil, seperti lampu, hiasan meja, dan bantal. Warna ini digunakan untuk melawan latar belakang netral. Ini pas banget buat kamu yang suka ganti-ganti tampilan ruang. Pastinya cara ini jauh lebih mudah, ketimbang harus mengganti semua warna, kamu hanya cukup mengganti bagian-bagian detail saja.

3. Warna yang berani dari suatu karya seni

skema warna dekorasi ruang keluarga

Salah satu cara terbaik untuk menemukan skema warna yang cocok buat kamu adalah dengan memulai dari karya seni favorit. Di sini, warna cerah dari gaun seorang gadis mungkin terlihat nggak biasa, tapi bener-bener cocok ketika dipasangkan dengan warna lain. Magenta ada di sisi berlawanan dari roda warna membentuk kontras yang tajam dengan warna emas kehijauan yang cerah pada gorden. Biru tua kelabu di sekitar jendela mungkin tampak terlalu gelap di tempat lain, tapi juga membuat warna-warna cerah di ruangan ini jadi lebih kalem.

Baca juga : 8 Cara Asyik Berkreasi dengan wallpaper


4. Gambarkan ruang dengan dinding aksen

skema warna dekorasi ruang keluarga

Dalam konsep ruang kelurga yang terbuka seperti ini, bisa jadi bikin kamu kesulitan buat menentukan space. Pada konsep semacam ini, kamu bisa memilih untuk mengecat dinding aksen dengan warna gelap. Karena dinding aksen dan lantai berwarna gelap, maka harus diimbangi dengan sofa besar berwarna terang. Karpet warna terang yang senada dengan warna sofa juga ditambahkan untuk menyempurnakan dekorasi.

5. Warna Pop

skema warna dekorasi ruang keluarga

Menyukai warna-warna berani seperti deep-magenta tidak memaksamu untuk selalu memadukannya dengan warna-warna cerah di seluruh ruangan. Kamu bisa memadupadankan dengan berbagai tingkatan warna agar terkesan pop. Dalam skema warna ini, ada latar belakang biru sejuk yang memungkinkan warna cerah untuk digunakan. Sentuhan yang menarik di sini adalah pilihan warna untuk bingkai foto dan kaki meja. Warna emas terlihat berbeda dari bingkai hitam atau coklat yang biasa kamu lihat. Selain itu, warna emas juga benar-benar terlihat menonjol di dinding biru muda.

6. Netral yang nggak bikin boring

skema warna dekorasi ruang keluarga

Abu-abu dan biru umumnya dianggap warna netral, tapi di sini kamu bisa melihat kalau dua warna itu tidak selalu membosankan. Permadani besar yang menutupi lantai kayu berwarna gelap, memberi ruang itu kesan sejuk. Latar belakang yang terang di dinding, bisa kamu seimbangkan dengan warna sofa yang lebih gelap. Aksen turquoise atau biru kehijauan memiliki efek menenangkan yang unik, berbeda dari warna biru lainnya.

Baca juga : Gunakan 10 Cara ini untuk Menyulap Tumpukan Mainan Adikmu Menjadi Dekorasi Rumah yang Menarik


7. Keseimbangan aneka warna

skema warna dekorasi ruang keluarga

Buat kamu yang suka tampilan penuh warna, bisa coba alternatif penggabungan berbagai warna ungu dan biru untuk tampilan yang terasa lengkap. Wallpaper warna-warni pada dinding akan membuatnya lebih menarik perhatian. Yang membuat ruangan ini makin sempurna yaitu bingkai jendela yang berwarna biru. Cocok dengan warna biru pada wallpaper, sehingga semuanya terasa harmoni. Perlu jadi catatan, kalau kamu menggunakan banyak banyak warna pada dinding dan lantai, jangan lupa seimbangkan dengan aksen yang lebih netral, seperti bantal putih dan kap lampu di ruangan ini.


Itulah beberapa skema warna yang bisa kamu jadikan inspirasi buat mendekor ruanganmu. Jadi nggak perlu takut lagi bereksperimen dengan warna, karena udah punya patokan skema sebagus ini.


Ini adalah artikel saduran, untuk melihat artikel asli klik di sini

Comments