Dekorasi Rumah untuk Si Kecil yang tengah Belajar Mencintai Ramadhan

Bagi umat muslim, bulan Ramadhan adalah momen yang pas buat mengenalkan nilai-nilai religius kepada si kecil. Nah, buat kamu yang punya adik kecil, kali ini bakal ada inspirasi dekor ruangan buat bantu si kecil belajar mencintai Ramadhan. Penasaran? langsung aja, mari dekor!


 Awali Suasana Ramadhan dari Pintu Rumah


dekorasi cinta ramadhan

    Simpel tapi cantik kan? Anak-anak perempuan pasti suka. Karena dekorasinya di depan rumah, lebih baik yang netral, dan nggak kekanak-kanakan. Nah, hiasan pintu ini bisa kamu buat sendiri dari ranting-ranting pohon atau tanaman kering. Cukup dibentuk lingkaran lalu hias dengan bunga dan daun. Terakhir pasangkan pita dan tempelkan huruf di atasnya. Dijamin deh pas mau masuk rumah suasana Ramadhan yang manis langsung kerasa
.

     Pasang dekorasi di dinding

dekorasi cinta ramadhan

Adik kamu yang masih TK atau SD umumnya suka dengan hal-hal yang meriah. Jadi, di dinding yang masih kosong bisa kamu percantik dengan kartu penghitung Ramadhan. Kamu hanya perlu tali, kertas warna-warni, lem, dan jepitan. Di balik setiap kartu bernomor bisa dituliskan berbagai macam hal. Misal, di balik kartu nomor 1 ada tulisan ‘salat tarawih pada malam pertama bulan Ramadhan membuat seorang mukmin dalam keadaan suci, seperti bayi baru lahir.’ 
Jadi, setiap mau berangkat salat Tarawih, kartu ini bisa diberikan ke adikmu. Minta dia untuk membaca! Lalu kamu bisa menjelaskannya dengan sederhana. Setelah itu minta dia untuk memasang kartu itu ke tali dengan penjepit. Seru kan?

Manfaatkan Barang Bekas dan Space Kosong di Rak atau Meja

dekorasi cinta ramadhan

Sulap para stoples bekas menjadi menawan. Kemudian letakkan di rak yang mudah di jangkau atau di atas meja. Rumah kamu akan jauh lebih berwarna tentunya. Selain untuk mempercantik rumah, Wadah-wadah ini bisa kamu pakai untuk aktivitas adik kecilmu.
  Stoples Uang dan Amal Soleh
  Gunakan tiga stoples untuk menyimpan uang berdasarkan tujuan kegunaannya yaitu,           untuk sedekah, tabungan, dan membeli sesuatu yang diinginkan.
  Stoples Amal Soleh
  Di bulan Ramadhan kita memang dianjurkan untuk memperbanyak amal soleh. Tapi             kadang adikmu yang super nggemesin itu masih bingung, mau ngapain aja selama               Ramadhan. Jadi, kita bisa bantu mereka dengan menaruh gulungan-gulungan kertas berisi   tulisan kegiatan, di dalam stoples amal soleh. Misal: senyum, menelfon kakek &                   nenek,membaca Alqur’an, cerita ke kakak/ayah/ibu kenapa sayang mereka, merapikan         mainan tanpa disuruh, mendoakan orang sakit, dan lain-lain. Setiap hari Adikmu wajib           ngambil tiga gulungan secara acak.

Atur Ulang Rak Buku

dekorasi cinta ramadhan

Ketika bulan Ramadhan si kecil tentu nggak mungkin melakukan kegiatan yang banyak menguras tenaga. Karena itu, optimalkan fungsi rak buku! Tata ulang rak, jadikan semenarik mungkin dan mudah dijangkau si kecil. Kamu bisa mengkreasikannya dari barang-barang nggak terpakai, seperti kotak kayu, keranjang kawat, bahkan kain bekas. 
Jangan lupa juga tambah koleksi buku adik mu dengan buku-buku islami khusus untuk anak-anak. Yakin deh, membaca jauh lebih baik baik daripada tidur seharian.

Tenda I’tikaf, Dekorasi Tak Biasa di Ruang Keluarga

dekorasi cinta ramadhan

Kamu bisa mengenalkan I’tikaf di bulan Ramadhan ke adikmu dengan cara istimewa. Mungkin si kecil masih terlalu muda untuk melakukan I’tikaf yang sesungguhnya di masjid, jadi kamu bisa buat tenda I’tikaf ala-ala suku Indian. Biar makin menarik, bisa tambahkan hiasan lampu peri dan bintang yang ditempel pada benang atau tali. 
Tenda bisa ditaruh di sudut ruang keluarga selama sebulan penuh. Di dalamnya bisa disediakan sajadah kecil, tasbih, Al-quran atau buku Iqra, buku kegiatan bulan Ramadhan, dan buku bergambar atau majalah bertema Ramadhan dan para nabi. Adik kamu boleh keluar dan masuk tenda kapan aja, tapi jangan lupa diingatkan! Tenda I’tikaf khusus untuk mendekatkan diri dengan Allah, bukan buat main gadget.


Itulah inspirasi dekorasi rumah agar si kecil belajar mencintai Ramadhan. Selamat datang Ramadhan dan selamat mendekor!

Comments